LEKSIKON PESANTREN SEBAGAI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ANTI-RADIKALISME

laili, elisa nurul and Herwiana, Sakhi LEKSIKON PESANTREN SEBAGAI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ANTI-RADIKALISME. In: sainteknopak 2019.

[img] Text
2019- Sainsteknopak LEKSIKON PESANTREN SEBAGAI MEDIA PENANAMAN PENDIDIKAN ANTI.docx

Download (30kB)
[img] Text
Prosiding Pesantren Anti-Radikalisme peer review.pdf

Download (831kB)
[img] Text
leksikon pesantren antiradikalisme scan plagiasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Maraknya aksi radikalisme pada masa kini, menimbulkan keresahan bagi para orangtua serta para pemerhati pendidikan. Berbagai upaya sepatutnya dilakukan dari berbagai lini baik dari segi ekonomi, budaya, politik, ideologi, pendidikan, dan sebagainya, agar secara sinergis dapat membantu memecahkan persoalan negara Indonesia di masa kini dan masa yang akan datang. Pendidikan sekolah, baik formal, informal maupun nonformal, merupakan tonggak utama pasca pengasuhan keluarga yang akan membentuk karakter anak didiknya. Salah satu bentuk pendidikan yang selalu menjadi pilihan mayoritas orangtua adalah Pendidikan Pesantren, Adat dan budaya pesantren merupakan miniatur kebudayaan masyarakat yang layak disebut sebagai suatu komunitas, yang tentunya berpengaruh besar terhadap pola pikir serta perilaku para santri dan alumninya. Salah satunya, pembiasaan dan penggunaan leksikon khas Pesantren. Leksikon kepesantrenan secara tidak langsung merupakan salah satu upaya dalam pendidikan pembentukan karakter dalam upaya untuk menanggulangi radikalisme. Proses pendidikan dalam konteks lingkungan sosial pedagogis seperti halnya Pesantren ini sangat menarik untuk dikaji lebih lanjut agar dapat dilaksanakan pula dalam lingkup pendidikan lainnya, baik formal, informal, maupun nonformal. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji leksikon kepesantrenan sebagai upaya penanaman pendidikan anti-radikalisme.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr Rizal Sakhur
Date Deposited: 24 Sep 2022 13:04
Last Modified: 24 Sep 2022 13:04
URI: http://eprints.unhasy.ac.id/id/eprint/136

Actions (login required)

View Item View Item