Penerapan Usability Testing dalam Mengukur Keefektifan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran IMK

Mashuri, Chamdan and Mujianto, Ahmad Heru and Vitadiar, Tanhella Zein and Permadi, Ginanjar Setyo Penerapan Usability Testing dalam Mengukur Keefektifan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran IMK. Jurnal Pendidikan Tambusai. ISSN 2614-3097

[img] Text
Penerapan for using.pdf

Download (384kB)
[img] Text
Penerapan Usability Testing dalam Mengukur keefektifan Google.pdf

Download (630kB)
[img] Text
W-penerapan use.pdf

Download (2MB)
[img] Text
16.JN-Peer reviewer Penerapan Usability Testing dalam Mengukur Keefektifan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran IMK.pdf

Download (719kB)
[img] Text
4.reviewer Penerapan Usability Testing dalam Mengukur Keefektifan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran IMK2022.pdf

Download (561kB)

Abstract

Dampak pandemi covid-19 membuat pemerintah Indonesia berupaya dalam mencegah penyebarannya. Dengan menerapkan social distancing merupakan pilihan dalam mencegah penularan covid-19. Namun, hal ini memberatkan masyarakat karena memberikan pengaruh pada semua sektor, terutama pendidikan. Pada perguruan tinggi Universitas Hasyim Asy’ari, pembelajaran tetap dilaksanakan meskipun kondisi pandemi. Penerapan media pembelajaran dijadikan solusi perkuliahan tetap berjalan. Media pembelajaran yang dipakai sebagai pembelajaran online adalah Google Classroom. Tujuan penelitian adalah mengukur tingkat keefektifan Google Classroom dalam pembelajaran IMK. Proses evaluasi dilakukan menggunakan Usability Testing. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Proses analisis menggunakan Mean. Hasil penelitian menunjukkan penilaian Usability Testing diperoleh sebesar 67,80% dengan kategori baik, sehingga pengguna menilai Google Classroom efektif dipakai sebagai media pembelajaran IMK. Kata kunci: Covid-19, Pembelajaran Daring, Google Classroom, IMK, Usability Testing.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Mr Rizal Sakhur
Date Deposited: 21 Sep 2022 10:53
Last Modified: 12 Apr 2023 07:33
URI: http://eprints.unhasy.ac.id/id/eprint/122

Actions (login required)

View Item View Item