UBUNGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DENGAN KEMAMPUAN AKADEMIK MAHASISWA

Hayati,, Nur and Berlianti, Nindha Ayu and Wijayadi, Andri Wahyu UBUNGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DENGAN KEMAMPUAN AKADEMIK MAHASISWA. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya.

[img] Text
Artikel Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Kemampuan Akademik.pdf

Download (124kB)
[img] Text
Hasil peer review artikel Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Kemampuan Akademik.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Scan plagiasi 19% Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Kemampuan Akademik.pdf

Download (906kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara keterampilan berpikir kritis dengan kemampuan akademik mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang dilaksanakan pada semester genap 2018/2019. Sampel penelitian yang diambil berjumlah 57 mahasiswa prodi pendidikan IPA, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang yang telah menempuh matakuliah biologi dasar. Adapun instrumen penelitian ini yaitu tes keterampilan berpikir kritis berupa soal uraian. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan analisis korelasi pearson. Hasil analisis data menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara keterampilan berpikir kritis dengan kemampuan akademik mahasiswa yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 atau ≤ 0,05. Berdasarkan nilai koefisien determinasi diketahui bahwa 46,92% keterampilan berpikir kritis turut menentukan kemampuan akademik

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr Rizal Sakhur
Date Deposited: 02 Nov 2022 15:12
Last Modified: 02 Nov 2022 15:12
URI: http://eprints.unhasy.ac.id/id/eprint/178

Actions (login required)

View Item View Item